Sebuah tim kerja memiliki 3 karakteristik/sifat yang spesifik
(Spector. E. P, 2012), yaitu :
- Tindakan dari setiap individu harus saling terkait dan dikoordinasikan,
- Setiap anggota harus memiliki peran tertentu, dimana masing-masing anggota memahami perannya masing-masing, bertanggung jawab atas wewenang yang telah diberikan,
- Harus memiliki tujuan/tugas umum dan bersifat objektif
- Setiap tujuan atau sasaran yang ingin dicapai jelas dan mudah dipahami oleh setiap anggotanya
Grup
kerja memiliki 4
karakteristik (McKenna, 2012), yaitu :
1. Norms
Yaitu
mengatur hubungan antara individu di dalam kelompok tertentu, dan faktanya
mereka diarahkan untuk terbiasa pada sejumlah masalah dari bagaimana mereka
menyelesaikan masalah dan kecepatan dalam menyelesaikan masalah tersebut (Blau,
1995).
2. Cohesiveness
Kekompakan
yang mungkin terjadi karena adanya perjanjian yang ditepati oleh antar anggota
dalam kelompok yang berhubungan dengan nilai-nilai dan keyakinan tertentu.
3. Cohesiveness
dan productivity
Hubungan
diantara kekompakan dan produktivitas semakin kompak suatu grup maka tingkan produktivitasnya
akan semakin tinggi. Dan tingkat ke produktivitasanya dalam rapat akan semakin
baik, itu penting untuk mencapai tujuan grup untuk menyesuaikan terhadap tujuan
atau goals dari organisasi.
4. Communication and interaction
Yaitu
dalam sebuah kelompok kerja akan tetap terjadi komunikasi atau mereka dalam
anggota yang sama tetap berinteraksi. Dari komunikasi akan menimbulkan saling
keterbukaan satu sama yang lain.
Contoh : Group Whatsapp, group belajar, Group hobi
Perbedaan Group dan Team dapat digambarkan sebagai berikut :
Sumber : http://justinbyars.weebly.com/chapter-6-groups-and-teams.
No comments:
Post a Comment